top of page

Grupo de intereses compartidos

Público·58 miembros
Brooks Richardson
Brooks Richardson

Contoh Makalah Manajemen Pembelajaran



Manajemen tidak akan terlepas dari kegiatan pembelajaran karena manajemen tersebut merupakan usaha untuk mensukseskan suatu tujuan dalam pendidikan. Diperlukan adanya pengelolaan, penataan, dan pengaturan ataupun kegiatan yang sejenis yang masih berkaitan dengan lembaga pendidikan guna mengembangkan sumber daya manusia agar dapat memenuhi tujuan daripada pendidikan tersebut seoptimal mungkin.




Contoh Makalah Manajemen Pembelajaran



Manajemen kurikulum salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran dalam pendidikan nasional. Di samping itu, kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan, sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu atau berkualitas. Untuk menunjang keberhasilan kurikulum, diperlukan upaya pemberdayaan bidang manajemen atau pengelolaan kurikulum. Pengelolaan kurikulum pada tingkat lembaga atau sekolah perlu di koordinasi oleh pihak pimpinan (manajer) dan pembantu pimpinan (manajer) yang dikembangkan secara integral dalam konteks Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) serta disesuaikan dengan visi dan misi lembaga pendidikan yang bersangkutan.


Berdasarkan hal tersebut, makalah ini ditulis untuk membantu mempersiapkan manajemen sekolah bermutu terutama berkenaan dengan manajemen kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan di sekolah, baik itu dilakukan oleh para guru, komite sekolah, kepala sekolah, dan pihak pihak yang terkait dengan mengembangkan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.


Sedangkan manajemen pembelajaran adalah proses pendayagunaan seluruh komponen yang saling berinteraksi (sumber daya pengajaran) untuk mencapai visi dan misi pengajaran. Kedua, manfaat manajemen pengajaran adalah sebagai aktivitas profesional dalam menggunakan dan memelihara kurikulum (satuan program pengajaran) yang dilaksanakan, Ketiga, secara organisasional pembelajaran atau kegiatan aktivitas pengajaran guru dituntut memiliki kesiapan mengajar dan murid disiapkan untuk belajar, Keempat, dalam menjalankan fungsi manajemen pembelajaran guru harus memanfaatkan sumber daya pengajaran (learning resources) yang ada di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan yang dimaksud dengan pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana kurikulum yang luas dan spesifik. Proses ini berhubungan dengan seleksi dan pengorganisasian berbagai komponen situasi belajar-mengajar, antara lain penetapan jadwal pengorganisasian kurikulum dan spesifikasi tujuan yang disarankan, mata pelajaran, kegiatan, sumber dan alat pengukur pengembangan kurikulum yang mengacu kepada kreasi sumber-sumber unit, rencana unit, dan garis pelajaran kurikulum ganda lainnya, untuk memudahkan proses belajar mengajar.


Kurikulum sendiri dapat dipahami dengan arti sempit sekali, sempit, dan luas. Pengertian kurikulum dalam arti sempit sekali adalah jadwal pelajaran. Kemudian pengertian kurikulum dalam arti sempit adalah jadwal pelajaran atau semua pelajaran baik teori maupun praktek yang diberikan kepada siswa selama mengikuti suatu proses pendidikan tertentu. Kurikulum dalam pengertian ini terbatas pada pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk kepentingan mereka melanjutkan pekerjaan maupun terjun ke dunia kerja. Dengan melihat pada kurikulum sebagai suatu lembaga pendidikan maka dapat dilihat apakah lulusannya mempunyai keahlian dalam level apa. Sedangkan dalam arti luas kurikulum diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan-tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Ruang lingkup manajemen kurikulum meliputi:


Nah, setelah kamu semua sudah mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis dari karya ilmiah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Kesehatan) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Pendidikan) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Kesehatan Lingkungan) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Biologi) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Bahasa Indonesia) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Sederhana) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Remaja) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Perpustakaan) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Teknologi) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Ekonomi) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Pendidikan Agama Islam) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Pertanian) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Kesehatan Mental) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Nah, pada bagian ini, kami akan memberikanmu beberapa contoh judul karya ilmiah tentang manajemen (Matematika) yang mana nantinya bisa kamu gunakan sebagai sumber referensi untuk judul jurnal tugas karya ilmiah.


Dalam metode penelitian contoh judul skripsi manajemen ini, peneliti membagi subyek menjadi dua kelompok, yaitu kelompok treatment yang mendapat perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan.


Tidak hanya itu, dalam contoh judul skripsi manajemen terbagi menjadi tiga unsur utama, yaitu awal, inti, dan akhir. Namun, elemen-elemen ini dapat mengambil format yang berbeda sesuai dengan peraturan dan kebijakan masing-masing universitas. Biasanya, elemen-elemen ini adalah sebagai berikut :


Bab pertama dalam contoh judul skripsi manajemen ini memuat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian, dan sistem penyusunannya.


Temuan pada contoh judul skripsi manajemen ini menjelaskan deskripsi informasi dan pengujian hipotesis. Secara umum uraian dari informasi tersebut disajikan dalam bentuk grafik atau tabel, dan beberapa fakta diberikan di bawah ini untuk memperjelas isi grafik atau tabel yang disajikan. Sementara itu, pengujian hipotesis memuat uraian hasil pengujian untuk setiap hipotesis secara ringkas dan jelas.


Epilog pada contoh judul skripsi manajemen biasanya berisi kesimpulan dan pengamatan. Kesimpulan harus menjelaskan masalah serta solusi yang diberikan oleh penulis. Pada saat yang sama, saran harus sesuai dengan topik diskusi.


Nah, pada bagian terakhir ini kami akan memberikanmu beberapa tips untuk menulis contoh judul skripsi manajemen. Tentu saja, tips yang akan kami bagikan ini akan mempermudahkanmu dalam penulisan skripsi.


Tips menulis contoh judul skripsi manajemen yang pertama adalah kita perlu memahami bidang yang akan diteliti. JIka kita tidak memahami bidang yang akan diteliti, pasti akan sulit bagi kita untuk menemukan masalah, menemukan isi penelitian, menjelaskan apa yang diteliti, ruang lingkup penelitian dan lain sebagainya.


Tugas membuat contoh judul skripsi manajemen ini biasanya diselesaikan pada semester akhir. Mengapa di akhir? Karena mahasiswa dianggap telah memahami apa yang telah dipelajarinya melalui perkuliahan dan seminar sebelumnya.


Buku ini umumnya mengatur contoh judul skripsi manajemen dari warna sampul, ukuran kertas, sistem penulisan, ukuran dan jenis font, cara mengutip, cara memberi nomor dan nama gambar, nomor dan nama tabel, dan cara menulis daftar pustaka.


Hal terakhir yang perlu Kamu lakukan untuk menulis contoh judul skripsi manajemen adalah mengembangkan dan menjaga hubungan baik dengan dosen pembimbing. Sebisa mungkin membangun hubungan antara siswa dan tutor sedemikian rupa sehingga proses pendampingan dan penulisan dapat berjalan lancar, memenuhi standar, dan selesai dengan cepat.


Satu hal lagi yang penting adalah membuat sistem pendukung Kamu sendiri. Berbagi informasi, berbagi ilmu, dan saling melengkapi akan membuat Kamu semakin termotivasi untuk menyelesaikan contoh judul skripsi manajemen Kamu.


Acerca de

¡Bienvenido al grupo! Podrás conectarte con otros miembros, ...
bottom of page